ABSTRAK
Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di MTs.
Melalui Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Learning Model Jigsaw Pada Pelajaran
Akidah Akhlak (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII-B MTs. Mardliyah
Pameungpeuk Garut)
Permasalahan dalam proses belajar mengajar dewasa ini adalah kecenderungan umum bahwa siswa yaitu memiliki aktivitas belajar yang rendah dan mereka hanya terbiasa menggunakan sebagian kecil saja dari potensi atau kemampuannya, yaitu hanya pada domain kognitif saja sehingga domain afektif dan domain psikomotor terabaikan. Begitu pula dengan penggunaan metode pembelajaran yang konvensional dan tidak variatif.
Maka
dari itu peneliti mencoba menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe
Jigsaw. Tujuan dari penerapan metode ini adalah agar siswa memiliki
aktivitas belajar yang tinggi melalui desain pembelajaran yang kooperatif dan
kondusif serta partisipatif sehingga mereka akhirnya dapat menguasai materi
pelajaran dengan baik.
Tujuan
Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: (1) mendapat gambaran tentang tingkat
rata-rata aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran akidah akhlak
sebelum menggunakan metode kooperatif Jigsaw, (2) mendapat gambaran
tingkat rata-rata aktivitas siswa dalam belajar akidah akhlak tentang materi
akhlak terpuji kepada Allah setelah metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
digunakan, (3) bagaimana metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Ada
tiga tindakan yang menjadi fokus upaya pemecahan masalah, yaitu: (1) Penerapan
metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (2) Peningkatan aktivitas belajar
siswa, (3) Penguasaan guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang inovatif
dan variatif. Dengan memberlakukan tindakan di atas, diharapkan aktivitas belajar
siswa semakin meningkat. Data mengenai efektivitas tindakan dikumpulkan dari
observasi kelas, angket skala sikap, wawancara dengan siswa dan refleksi.
Berdasarkan analisis data selama siklus I, dan
II dapat disimpulkan: (1) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
menjadi alternatif terbaik pada materi akhlak terpuji kepada Allah, (2) Penerapan
metode kooperatif tipe Jigsaw dapat menciptakan pembelajaran yang partisi pasif
dan multi arah, (3) Melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe
Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian juga
menunjukkan perubahan suasana kelas yang cenderung demokratis dan perubahan
sikap peneliti untuk lebih peduli terhadap suasana kelas.
Link Download
Jangan lupa kasih komentar ya...
2 komentar:
syukron katsir atas postingannya
Terima kasih atas Postingannya
Posting Komentar