ABSTRAK
Upaya Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe
Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di
Kelas VII MTs Negeri Sungai Besar Ketapang
Permasalahan
dalam proses belajar mengajar dewasa ini kecenderungan umum bahwa siswa yaitu
memiliki aktivitas belajar yang rendah dan mereka hanya terbiasa menggunakan
sebagian kecil saja potensi atau kemampuannya, yaitu hanya pada pengetahuan
saja sehingga sikap dan tingkah laku terabaikan. Begitu juga dengan bentuk
pembelajara yang konvensional dan tidak variatif. Maka dari itu peneliti
mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tujuan agar siswa
memiliki aktivitas belajar yang tinggi.
Adapun
tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak
pada siklus 1 di MTs. Negeri Sungai Besar dengan menggunakan pembelajaran
kooperatif tipe STAD, (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak
pada siklus 2 di MTs. Negeri Sungai Besar dengan menggunakan pembelajaran
kooperatif tipe STAD, (3) hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 3 di MTs. Negeri Sungai Besar
dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Upaya
penelaahan masalah dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD.
Dengan model STAD ini diharapkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam
pembelajaran akidah akhlak meningkat.
Adapun
tiga tindakan yang menjadi fokus upaya pemecahan masalah, yaitu (1) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak
pada siklus 1 di MTs. Negeri Sungai Besar dengan menggunakan pembelajaran
kooperatif tipe STAD, (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak
pada siklus 2 di MTs. Negeri Sungai Besar dengan menggunakan pembelajaran
kooperatif tipe STAD, (3) Bagaimana hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 3 di MTs. Negeri Sungai Besar
dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dari tindakan di atas, diharapkan aktivitas cara belajar siswa semakin
meningkat. Data mengenai efektifitas tindakan dikumpulkan dari observasi, tes,
wawancara, kuesioner dan diskusi.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan (1) Hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs. Negeri Sungai Besar
pada siklus 1 dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai
nilai rata-rata 5,48, (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak
di MTs. Sungai Besar pada siklus 2 dengan menerapkan pembelajaran kooperatif
tipe STAD mencapai nilai rata-rata 6,53, (3) Hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Akidah Akhlak di MTs. Negeri Sungai Besar pada siklus 3 dengan
menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai nilai rata-rata 7,33.
Link Download
Jangan lupa kasih komentar ya...
0 komentar:
Posting Komentar