29 Mei 2012

Upaya Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas VII MTs Negeri Sungai Besar Ketapang

| 29 Mei 2012 | 0 komentar


ABSTRAK


Upaya Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas VII MTs Negeri Sungai Besar Ketapang
Permasalahan dalam proses belajar mengajar dewasa ini kecenderungan umum bahwa siswa yaitu memiliki aktivitas belajar yang rendah dan mereka hanya terbiasa menggunakan sebagian kecil saja potensi atau kemampuannya, yaitu hanya pada pengetahuan saja sehingga sikap dan tingkah laku terabaikan. Begitu juga dengan bentuk pembelajara yang konvensional dan tidak variatif. Maka dari itu peneliti mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tujuan agar siswa memiliki aktivitas belajar yang tinggi.
Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 1 di MTs. Negeri Sungai Besar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 2 di MTs. Negeri Sungai Besar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, (3) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 3 di MTs. Negeri Sungai Besar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Upaya penelaahan masalah dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD. Dengan model STAD ini diharapkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran akidah akhlak meningkat.
Adapun tiga tindakan yang menjadi fokus upaya pemecahan masalah, yaitu (1) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 1 di MTs. Negeri Sungai Besar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 2 di MTs. Negeri Sungai Besar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, (3) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 3 di MTs. Negeri Sungai Besar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dari tindakan di atas, diharapkan aktivitas cara belajar siswa semakin meningkat. Data mengenai efektifitas tindakan dikumpulkan dari observasi, tes, wawancara, kuesioner dan diskusi.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs. Negeri Sungai Besar pada siklus 1 dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai nilai rata-rata 5,48, (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs. Sungai Besar pada siklus 2 dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai nilai rata-rata 6,53, (3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs. Negeri Sungai Besar pada siklus 3 dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai nilai rata-rata 7,33.


Link Download








Jangan lupa kasih komentar ya...

0 komentar:

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com