29 Mei 2012

Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di MTs. Melalui Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Learning Model Jigsaw Pada Pelajaran Akidah Akhlak

| 29 Mei 2012 | 2 komentar


ABSTRAK

Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di MTs. Melalui Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Learning Model Jigsaw Pada Pelajaran Akidah Akhlak (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII-B MTs. Mardliyah Pameungpeuk Garut)

Permasalahan dalam proses belajar mengajar dewasa ini adalah kecenderungan umum bahwa siswa yaitu memiliki aktivitas belajar yang rendah dan mereka hanya terbiasa menggunakan sebagian kecil saja dari potensi atau kemampuannya, yaitu hanya pada domain kognitif saja sehingga domain afektif dan domain psikomotor terabaikan. Begitu pula dengan penggunaan metode pembelajaran yang konvensional dan tidak variatif.
Maka dari itu peneliti mencoba menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan dari penerapan metode ini adalah agar siswa memiliki aktivitas belajar yang tinggi melalui desain pembelajaran yang kooperatif dan kondusif serta partisipatif sehingga mereka akhirnya dapat menguasai materi pelajaran dengan baik.
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: (1) mendapat gambaran tentang tingkat rata-rata aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran akidah akhlak sebelum menggunakan metode kooperatif Jigsaw, (2) mendapat gambaran tingkat rata-rata aktivitas siswa dalam belajar akidah akhlak tentang materi akhlak terpuji kepada Allah setelah metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw digunakan, (3) bagaimana metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Ada tiga tindakan yang menjadi fokus upaya pemecahan masalah, yaitu: (1) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (2) Peningkatan aktivitas belajar siswa, (3) Penguasaan guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan variatif. Dengan memberlakukan tindakan di atas, diharapkan aktivitas belajar siswa semakin meningkat. Data mengenai efektivitas tindakan dikumpulkan dari observasi kelas, angket skala sikap, wawancara dengan siswa dan refleksi.
Berdasarkan analisis data selama siklus I, dan II dapat disimpulkan: (1) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menjadi alternatif terbaik pada materi akhlak terpuji kepada Allah, (2) Penerapan metode kooperatif tipe Jigsaw dapat menciptakan pembelajaran yang partisi pasif dan multi arah, (3) Melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan perubahan suasana kelas yang cenderung demokratis dan perubahan sikap peneliti untuk lebih peduli terhadap suasana kelas.

Link Download








Jangan lupa kasih komentar ya...

2 komentar:

sam mengatakan...

syukron katsir atas postingannya

Neneng Arwinie mengatakan...

Terima kasih atas Postingannya

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com