ABSTRAK
Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Kompetensi Iman
Kepada Malaikat-malaikat Allah dengan Teknik Diskusi di Kelas VII MTs. Bustanul
Ibad Kota
Bekasi Tahun Pelajaran 2009-2010
Performance siswa yang produktif, berprestasi dan mandiri sebagai
salah satu indikasi penting dalam mutu pembelajaran dapat dilihat dari hasil
kegiatan belajarnya. Hal ini terkait pula dengan tingkat pemahaman siswa karena
tinggi rendahnya prestasi belajar siswa juga hasil dari upaya belajarnya.
Proses belajar mengajar dibedakan menjadi dua dimensi, yaitu dimensi cara
menguasai pengetahuan dan dimensi cara menghubungkan pengetahuan baru dengan
struktur kognitif yang telah ada. Rendahnya perolehan prestasi belajar akidah
akhlak di MTs. Bustanul Ibad menunjukkan adanya indikasi terhadap rendahnya
kinerja belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang
berkualitas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman
siswa pada kompetensi iman kepada malaikat-malaikat Allah dengan teknik diskusi
di kelas VII MTs. Bustanul Ibad.
Penelitian ini diharpakan bermanfaat bagi siswa bahwa pembelajaran
dengan metode teknik diskusi memberikan pengalaman bari diharapkan memberikan kontribusi
terhadap peningkatan belajarnya. Di samping itu melalui penelitian ini siswa
terlatih untuk dapat memecahkan masalah. Bagi guru penelitian ini diharapkan
dapat meningkatkan kemampuan profesional dan pembelajaran dengan metode teknik
diskusi menjadi alternatif pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan
prestasi siswa.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif karena
penelitian ini mengkaji lebih mendalam penggunaan metode teknik diskusi. Dalam
pembelajaran akidah akhlak yang membantu siswa mengetahui, memahami,
mengamalkan dalam kehidupan dunia nyata dan ingin mengetahui hasil belajar
siswa setelah penggunaan metode diskusi tersebut.
Berdasarkan analisis dan refleksi hasil tes
prasyarat siklus I, II dan III dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs. Bustanul Ibad pada siklus I dengan
menggunakan metode diskusi mencapai nilai 57,7% termasuk kualifikasi rendah dan
pada siklus II dengan menggunakan metode diskusi mencapai nilai 75% maka angka
tersebut kualifikasi sedang. Pada siklus III mencapai nilai 83% maka angka
tersebut kualifikasi tinggi. Akhirnya berarti bahwa setelah siklus III semua
subjek mengalami peningkatan prestasi belajar akidah akhlak dengan menggunakan
metode teknik diskusi.
Download PTK Lengkap
0 komentar:
Posting Komentar