ABSTRAK
Upaya
Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas IX melalui Pembelajaran Kooperatif
Tipe Jig-Saw di SMP Negeri 1 Singgahan
Penelitian ini berangkat
dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan
kreatifitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran
fisika di SMP
sebagai respon semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Dalam kegiatan
pembelajaran, materi tidak kontekstual dan kinerja siswa rendah, baik pada
proses maupun produk belajarnya. Sebagian besar guru masih melaksanakan
pembelajaran tradisional.
Keadaan tersebut potensial
menimbulkan kejenuhan, kebosanan, serta menurunkan minat dan motivasi belajar
siswa. Berdasarkan uraian permasalahan diatas, melalui penelitian ini
diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai inovator pembelajaran.
Peningkatan kreatifitas guru mutlak perlu dikembangkan.
Dalam rangka peningkatan
hasil belajar dan aktifitas siswa dalam pembelajaran fisika dilakukan PTK
dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jig-Saw melalui tiga siklus
pada konsep Kemagnetan di kelas IX D tahun pelajaran 2006/2007 di SMP Negeri 1
Singgahan.
Hasil penelitian
menunjukkan kenaikan prestasi hasil belajar siswa yang diikuti dengan
peningkatan aktifitas siswa dalam KBM dan pemunculan ketrampilan kooperatif
siswa dalam KBM tersebut. Dari hal pelaksanaan PTK, siklus pertama, kedua dan
ketiga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Jig-Saw dapat
meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa dalam pembelajaran fisika pada
kelas IX D SMP Negeri 1 Singgahan.
Kata Kunci : hasil belajar, aktifitas
siswa, dan pembelajaran kooperatif tipe Jig-Saw.
Download Contoh PTK lengkap:
Kalau sudah download jangan lupa kasih komentar yah....
0 komentar:
Posting Komentar